Senin, 03 September 2012

KENYA


PROFIL KENYA
A.      BENTUK NEGARA/ PEMERINTAHAN KENYA
Kenya adalah republik demokrasi perwakilan dengan sistem presidensial, dimana presiden Kenya menjad kepala Negara dan kepala pemerintahan.
Negara ini memakai sistem multipartai dimana kekuasaan eksekutif dipegang oleeh pemerintah, yang juga memegang ekuasaan legislative bersama National Assembly. Kekuasaan yudisial tidak dipengaruhi oleh 2 kekuasaan tersebut.
Masing masing partai berhak memilih wakil perdana mentrinya sendiri.
Presiden                                  : Mwai Kibaki
Perdana Mentri                      : Raila Odinga
Wakil presiden                        : Kalonzo Musyoka
Ketua Majelis Nasional           : Kenneth Marende
Kemerdekaan                          : dari Britania Raya 12 Desember 1963
Lagu kebangsaan                    : Ee Mungu Nguvu Yetu ( oh Tuhan Maha Pencipta)
Bahasa resmi                          : Swahili, Inggris
Mata Uang                              : Shilling Kenya (KES)
Kode telepon                           : 254 (005 dari Tanzania dan Uganda)
Jumlah penduduk                    : 32.021.860 jiwa(2005)
Agama                                     : Protestan(38%), Katholik(26%), Islam(6%), Animisme(27%)
B.      Letak, batas, luas, ibukota Kenya
Letak Astronomis                    : terletak diantara 5o LU – 5o LS dan antara 35o BT – 45o BT
Letak geografis                       : terletak di Afrika Timur
Batas batas Negara                : a. sebelah timur        : Somalia
                                                  b. sebelah barat        : Uganda
                                                  c. sebelah utara        : Etiopia
                                                  d. sebelah selatan     : Tanzania
                                                  e.sebelah barat laut  : Sudan
                                                  f. sebelah tenggara   : Samudra Hindia 
luas                                          : 582.646 km. air 2,3%
Ibukota                                    : Nairobi (yang juga kota terbesarnya)
C.       Penduduk Negara Kenya
Jumlah penduduknya 32.021.860 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 3,2% per tahun dengan kepadatan penduduk 56 jiwa/km2
Secara garis besar bisa dibagi 4 suku :
a.      Suku kikuyu     : suku terbesar di Kenya(populasinya 22% dari total penduduk Kenya), sebagian besar menempati Nairobi bagian utara. Penyebutan aslinya Gikuyu, sementara mereka menyebut suku mereka Agikuyu. Merupakan suku yang paling aktif secara ekonomi, sebagian besar mengusahakan pertanian di dataran tinggi). Suku kikuyu menganggap Gunung Kenya sebgaai gunung keramat. Dewa mereka, Dewa Ngai, bersemayam di gunung Kenya.
b.      Suku Lou          : menempati daerah di pessir Danau Victoria dan di kawasan Nyaza.
c.       Suku Luhya      : suku ini merupakan suku minoritas yang menempati daerah pedalaman.
d.      Suku Masai      : suku ini nomaden bersama ternaknya. Biasanya memakai pakaian dari kulit, terkadang memakai baju luar seperti jubah yang dibuat dari bahan sprei atau selimut.
F. Kegiatan ekonomi Negara Kenya
Pada tahun 2008 pendapatan ekspor Kenya diperkirakan mencapai US$5 milyar. Sedangkan nilai impor yang sangat dipengaruhi oleh melonjaknya harga minyak dan pangan dunia mengakibatkan nilai impor menjadi sebesar US$10,6 milyar.
Produk ekspor utama adalah teh(18,6%), produk hortilkultura(15,4%), kopi(3,2%),ikan dan bahan ikan olahan(1,3%). Negara tujuan ekspor utama yaitum Uganda, Ingrris< Amerika Serikat, Belnada.
Impor : bahan bahan industry, mesin dan perlengkapannya, consumer goods, makanan dan minuman. Negara pengimpor utama : Uni Arab Emirat, Arab Saudi, Afrika Selatan, Amerika Serikat.
Pendapatan perkapita ratarata penduduk Kenya kurang lebih US$ 390. Beberapa sektor perekonomian :
1.      Pertanian        : merupakan hasil tulang punggung perokonomian Kenya. Hasil hasil pertaniannya antara lain padi, tebu, gandum, buah buahan, sayur sayuran, kopi, kapas, jagung. Pegunungan aberdare dan gunung Kenya adalah daerah yang sangat subur di Kenya.
2.      Peternakan      : Kenya merupakan salah satu Negara penghasil susu di benua Afrika. Hewan yang diternakan antara lain biri biri, kambing, sapi, domba, dan unta.
3.      Pertambangan            : Hasil tambang Negara Kenya member nilai tambah devisa bagi negaranya. Barang barang tambang antara lain batu kapur, emas, tembaga, minyak bumi.
4.      Perindustrian  : sector industri Negara Kenya baru menyumbang seperlima pendapatan domestic bruto dengan menyerap tenaga kerja 10%. Hasil industry antara lain semen, tekstil, barang kimia, makanan kaleng, kendaraan bermotor, dan gula tebu
5.      Perdagangan
6.      Pariwisata       : wisata alam
G. bentang alam Kenya
Secara garis besar terdiri dari sabana, dataran pantai, dataran tinggi, lembah.
a.      Dataran pantai : banyak tumbuh pohon kelapa dan palem. Di daerah lepas pantai masih dalam lingkup perairan terdapat terumbu karang yang kelihatan jelas pada waktu pasang surut.
b.      Dataran tinggi dan pegunungan :  terdapat di bagian barat daya Kenya.
c.       Gunung            : Kenya memiliki 20 gunung. Gunung teringgi di Negara Kenya adalah gunung Kenya (5.199 m), merupakan gunung tertinggi kedua di Benua Afrika setelah Gunung Kilimanjaro
d.      Sungai : sungai utama di Negara Kenya yaitu Sungai Tana dan Sungai Athi.
H. IKLIM NEGARA KENYA
Sebagian wilayah Kenya beriklim tropis akan tetapi di beberapa tempat mempunyai iklim berbeda sesuai dengan kondisi lingkungan alamnya.
Iklim dataran utara adalah yang paling ekstrim, dengan suhu berkisar 40 derajat celcius pada siang hari dan 20 derajat celcius pada malam hari.
Ada 2 musim : “hujan yang panjang” antara maret dan Mei, dan “hujan yang singkat” yang jatuh antara bulan oktober dan desember.

200 fosil dinosaurus Cretaceous dan buaya raksasa telah ditemukan berasal dari zaman Mesozoic, sekitar 200 jt tahun yang lalu. Berdasarkan penemuan itu, bahwa hominid seperti Homo habilis dan Homo erectus kemungkinan adalah turunan langsung dari homo sapiens modern dan mereka tinggal di Kenya pada masa Pleistocene..
Sejarah pra colonial
Orang Afrika utara pindah ke Kenya pada sekitar 2000 SM. Pedagang Arrab mulai mengunjungi pesisir Kenya pada awal abad pertama. Karena jarak yang dekat dengan Semenanjung Arab mengundang kolonialisasi, dan tempat tinggal orang arab dan Persia berkembang disekitar pesisir pada abad ke 8. Pada awal millenium, suku Nilotic dan Bantu mulai masuk ke daerah ini, dan sampai sekarang merupakan tiga pereempat dari populasi Kenya.
Beberapa abad sebelum kolonialisasi, Kenya digunakan oleh bangsa arab mencari budak.
Sejarah colonial
Orang Portugal merupakan orang eropa pertama yang menjelajahi Kenya, Vasco da Gama mengunjungi Mombasa pada 1498. Portugis mengontrol bagian pesisir Kenya mulai dari Malindi sampai Mombasa. Kehadiran colonial portugis di Afrika Timur secara remi dimulai pada 1505, ketika flagship dibawah pimpinan Don Fransisco De Almeida membom dan merampok Kilwa, sebuah pula di selatan Tanzania. Berikutnya orang portugis merampok Mombasa ketika pemimpin kota menolak untuk membayar pajak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar